Manfaat Tanaman Sirsak untuk Kesehatan

Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda (Annona muricata L.) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengahdan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris, nangkelan (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lôna (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung, “Nangko Belando” (Palembang). Penyebutan “belanda” dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti “kantung asam”) didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa.

Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda. Zuurzak. yang berarti “kantung yang asam”.
Tanaman ini ditanam secara komersial atau sambilan untuk diambil buahnya. Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut.

Buah sirsak bukan buah sejati, yang ukurannya cukup besar hingga 20–30 cm dengan berat mencapai 2,5 kg. Yang dinamakan “buah” sebenarnya adalah kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan kehilangan batas antar buah. Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman serta es krim. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami, sebagaimana biji srikaya.

Kandungan Buah Sirsak

Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Didalam buah sirsak terkandung sejumlah vitamin dan serat, Komposisi buah sirsak yaitu 67,5 % daging buah yg dapat dimakan, 20 % kulit buah, 8.5% biji, dan 4% hati atau empelur. Selain mengandung vitamin A, B, dan C, buah sirsak juga mengandung sukrosa 2.54%, dekstrosa 5.05 % dan levulosa 0.04%.

Yang cukup menonjol dari kandungan buah sirsak adalah kandungan Vitamin C dan serat (fiber). Begitu pula dengan kandungan Kalium (Potassium), Magnesium, Vitamin B-6 dan Besi. Gambar di samping menunjukkan tabel kandungan nutrisi sirsak perbuah, atau dengan berat sekitar 625g (klik gambar untuk memperbesar).

5 Manfaat Buah Sirsak

Selain bisa dikonsumsi langsung, sirsak bisa diolah menjadi jus, smoothies, bahan untuk makanan penutup, permen, hingga obat tradisional. Sampai di sini, Anda penasaran dengan apa saja manfaat konsumsi sirsak untuk kesehatan tubuh?

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Sirsak merupakan sumber serat yang sangat baik, dengan kandungan 7,4 gram per cangkir, yang bisa membantu Anda dalam mengatasi konstipasi serta mengurangi peradangan. Segala jenis makanan tinggi serat dapat memperlambat pencernaan dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Buah yang juga dijuluki sebagai durian belanda atau nangka belanda ini bisa membantu melawan penyakit jantung dengan menurunkan kolesterol jahat.

2. Baik untuk sistem kekebalan tubuh

Sirsak mengandung vitamin C yang mana ini baik untuk sistem kekebalan tubuh. Dari satu cangkir sirsak, Anda akan mendapatkan setidaknya 46 mg vitamin C yang dapat membantu mengurangi keriput, hingga meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Penelitian telah menunjukkan bahwa seseorang yang kekurangan vitamin C lebih rentan terhadap infeksi. Meskipun penelitian tersebut menyebut bahwa vitamin C tidak berpengaruh banyak untuk pilek, tapi ada penelitian dari BioMed Research Internationalyang menunjukkan bahwa vitamin C bisa meminimalkan flu.

3. Berkhasiat menstabilkan tekanan darah

Selain 47 mg zat besi, terdapat 626 mg kalium (atau potasium) dalam secangkir sirsak. Kalium dan natrium berkaitan, dalam arti jika kadar kalium rendah berarti natrium tinggi, yang mana ini berarti tekanan darah tinggi. Kalium berfungsi untuk menyaring hal-hal buruk dari tubuh Anda, termasuk kelebihan garam. Kalium juga dapat membantu pembuluh darah tetap relaks, sehingga memungkinkan sirkulasi yang lebih baik.

4. Senjata untuk melawan kanker

Berdasarkan sejumlah studi, sejumlah senyawa dalam buah sirsak memiliki sifat antikanker. Kendati begitu, dibutuhkan studi lebih lanjut agar hasil ini lebih valid dan dapat diaplikasikan pada pengobatan-pengobatan kanker di masa depan.

Studi yang dilakukan oleh lembaga Oxidative Medicine and Cellular Longevity, menunjukkan bahwa efek antiinflamasi graviola para sirsak memiliki prospek yang menjanjikan untuk melawan sel-sel kanker tertentu. Meski demikian, tanpa adanya penelitian dan uji klinis, klaim-klaim hanyalah kemungkinan.

Sirsak mengandung flavonoid. Dikatakan oleh dr. Muhammad Anwar Irzan kepada KlikDokter, manfaat flavonoid dalam tubuh manusia adalah untuk mencegah kanker, melindungi struktur sel, serta meningkatkan efektivitas vitamin C.

5. Baik untuk saluran pernapasan

Jika Anda sedang batuk, flu, atau memiliki gangguan pernapasan lainnya, coba, deh, konsumsi sirsak! Buah ini memiliki sifat ekspektoran sehingga bisa Anda andalkan untuk menghilangkan dahak dan lendir—yang mana banyak patogen atau virus bisa hidup.

Sirsak juga mengandung asam askorbat yang dapat membantu melawan radikal bebas dan infeksi. Dengan mengurangi infeksi bakteri dan virus, Anda dapat mempercepat penyembuhan flu dan batuk. Selain buahnya, Anda juga bisa memakai rebusan buah sirsak untuk membantu menyembuhkan sinus dan meredakan tenggorokan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *